Like Us

Powered by Blogger.

Monday

Pengertian dan Contoh File Header Dalam Bahasa Pemograman C++ dan C

KALO ADA TUGAS KULIAH ATAU PROYEK TENTANG C++ YANG AGAK SUSAH DI MENGERTI ATAU MAU MINTA CONTOH PROGRAM DALAM C++ SILAHKAN COMENT ATAU GABUNG FANSPAGE  MASIH DIKIT MEMBER BARU BUAT :).
KALO ADA WAKTU SAYA BANTU :D

Apa sih File Header ??? nah disini saya akan mencoba untuk menjelaskannya coba perhatikan program di bawah ini
#include <iostream>
using namespace std;

int main ()
{
   cout<<"Welcome To my blog KUCING GILA :D  ";

}
Nah Program di atas merupakan bentuk umum dari c++. Dan selalu ada pada setiap program C++ selalu ada koding “#include <iostream>” apa sih itu?. #include <iostream> terdiri atas statement(pernyataan) antara lain #include dan <iostream>
#include merupakan Preprocessor Directive yang mana berfungsi sebagai sebuah intruksi untuk memanggil file-header yang akan di gunakan yang mana dalam hal ini iostream

Sedangkan iostream adalah yang ktai sebut file-header yang mana yang akan kita bahas dalam artikel ini. Yang mana iostream adalah file header yang merupakan kepanjangan dari Input Output Stream yang digunakan untuk memanggil fungsi yang ada pada library file-header tersebut seperti fungsi input yaitu cin dan fungsi output yaitu  cout.

Apa yang dimaksud File Header ?

File-header merupakan suatu statement untuk pendeklarasian utama dalam suatu program di c++ yang gunakan  untuk menjalankan dan memanggil fungsi-fungsi yang terdapat dalam library file header C++  yang di deklarasikan sehingga kita dapat menggunakan semua fungsi-fungsi  yang ada pada file header tersebut. contohnya adalah <iostream> merupakan deklarasi pernyataan yang merupakan file libary dari fungsi input yaitu cin dan fungsi output yaitu  cout dan masih banyak lagi fungsi dalam file-header tersebut.

File header standar untuk proses input/output yang digunakan dalam bahasa pemograman C++ adalah <iostream>. Kita selalu membutuhkan file header iostream di setiap program yang kita buat dalam bahasa pemograman C++.  Apabila kita menggunakan suatu file header yang telah disediakan oleh compiler , maka kita harus menuliskannya seperti ini <iostream>. Tetapi, jika anda ingin menggunakan file-header yang anda buat , maka file-header tersebut harus  ditulis seperti ini NamaHeader. Jika anda menggunakan tanda <>, maka file-header tersebut akan dianggap berada pada folder direktori default. Namun jika anda menggunakan tanda "", maka anda dapat mementukan sendiri letak folder dimana anda menyimpan fungsi tersebut.

Berikut ini adalah contoh – contoh file header :
1.      1.#include<iostream>
        Dingunakan untuk memanggil perintah input output seperti cin dan cout

2.    2. #include<stdio.h>

Digunakan untuk memanggil perintah input output seperti prinf dan scanf

                                        
3.     3.#include<math>
       Digunkan untuk memanggil perintah perhitugan seperti min, max, cos, tan sin,

Nah sekian lah artikel kali ini :D buat kawan yang ada pertanyaan atau tugas kuliah/sekolah atau proyek pemrograman baik itu Visual Basic atau bahasa pemrograman C ++  yok kita diskusiin di komentar atau di fans page kami :D.
Jika ada kesalahan tolong di koreksi terima kasih
Jangan lupa CTRL+D ( Bookmark )
Regards
Kucing ~ Gila




4 comments:

  1. Kak... Bikin program c++ yang ada for looping, structure,array,fungsi,file header dalam satu program dong

    ReplyDelete
  2. Ada group wa nya kak??
    Aku mau minta bantuin menjelaskan materi program kak

    ReplyDelete