Like Us

Powered by Blogger.

Monday

Pengertian Dan Contoh Fungsi Perulangan For Dalam Bahasa Pemrograman C++

For berfungsi utuk mengulang pernyataan (statement) jika kondisi atau syarat tertentu terpenuhi. Hampir sama dengan perulangan while tetapi dengan keunngula kit adapt member nilai awal dan condition increase atau decrease .
Di bawah ini adalah bentuk kdoing umum dari pernyataan FOR dalam bahasa pemograman C++ : 

for ( initialization (nilai awal) ; condition (syarat) ; increase/decrease )
{statement ;}

Berikut penjelasannya :D
1.      Initialization (nilai awal), digunakan untuk memberikan nilai awal untuk variable.
2.     Condition (syarat) ,  nilai yang harus terpenuhi agar statement di jalankan apabila tidak terpenuhi maka statement tersebut akan di abaikan
3.     Statement (pernyataan),  perintah yang akan di eksekusi apabila syarat telah terpenuhi berada daalam kurung kurawal  { } ).
4.      Increase/decrease, dieksekusi kemudian algoritma kembali ke step 2.
Initialization (nilai awal) dan increase/decrease(pertambah nilai/pengurangan nilai) adalah bersifat  optional. Sehingga tidak harus dituliskan jika tidadk perlu  contohnya : for (;n<5;) untuk contoh for tanpa nilai awal dan increase/decrease ; atau for (;n<10;n++) untuk contoh for dengan increase/decrease tetapi tanpa initialization(nilai awal). Dengan operator koma (,) kita dapat mendeklarasikan lebih dari satu nilai awal(inialization) pada bagian manapun termasuk dalam loop for, contoh : for (  n=0, i=10 ; n!=i ; n++, i++)

Contoh Program Loop For dalam bahasa pemograman C++
1.      // contoh Program perulangan for
#include<iostream>
using namespace std;
int main ()
{              
                for (int a =1; a<=10 ;a++)
                {
                                cout<<a<<" ";
                }
                cout<<">>>> Pertambahan"<<endl;
               
                for (int a =10; 0<a ;a--)
                {
                                cout<<a<<" ";
                }
                cout<<">>>> Pengurangan"<<endl;
}
Output :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 >>>> pertambahan
10 9 8 7 6 5  4  3  2 1 >>>> pengurangan

Penjelasan program
 Pada awal for di beri nilai awal  int a =1 kemudia dengan syarat a<=10 dan a ++
Jadi program for berjalan  yang mana variable a bernilai 1 dengan syarat a <=10 karena syarat erpenuhi maka keluarlah output 1. Kemudia nilai a +1 mejadi 2 yang mana memenuhi syarat juga sehinnga keluar output 2 begitu sterusnya sampai nilainya 10
Ketika nilai a=10 yang mana masih memenuhi syarat oleh karena itu keluarlah output 10 dan kemudia niali a +1 yang mana hasilnya 11. Kemudia muai dari awal lagi di periksa apakah memenuhi syarat berhubung nilai tersebut lebih dari dari 10 maka tidak memenuhi syarat dan loop ( perulangan ) for berkahir.
Kemudia for yang kedua adalah kebalikan dari for pertama yang mana nilai awal nya adalh 10

Contoh Pemograman if dalam Bahasa C++ ? Apa yang di maksud fungsi IF ? apa yang dimaksud if dan if else dalam bahasa c++  ? contoh program if else dalam bahasa c++? Apa yang dimaksud dengan fungsi if else? Cohtoh aplikasi  kalkulator ? contoh aplikasi kasir ? contoh aplikasi kalkulator dalam bahasa pemograman c++ ? contoh aplikasi kasir dalam bahasa pemoggraman dalam c++? Apa yang yang dimaksud dengan nested IF dalam c++ ? contoh program penggajian karyawan dalam c++? Contoh program nested if? Belajar c++? Belajar Swiich case ?apa itu switch case? Apa yang di maksud switch case? Contoh dari switch case? Contoh aplikasi kalkulator dalam c++? Apa itu fungsi for dalam bahasa pemograman c++ ? contohprgram perulangan ? apa yang dimaksud perulangan (loop)



No comments:

Post a Comment